Media Harian Online

Media Harian Online
Home » , » Mas Abu Ajak Seluruh Lapisan Jadi Pendekar Kebersihan

Mas Abu Ajak Seluruh Lapisan Jadi Pendekar Kebersihan

Written By Chanel TVMI on Minggu, 23 Agustus 2015 | 17.49


Kediri, DutacwNews. Dua momen yaitu jelang peringatan HUT RI ke 70 dan hari jadi Kota Kediri k2 1136 menjadi sorotan tersendiri bagi Pemkot Kediri. Wali Kota Kediri, Abdulloh Abu Bakar mengajak semua pihak ikut terlibat beberes demi kebersihan dan keindahan kota.

"Harus kompak semuanya. Mari kita beberes Kediri," ucap Mas Abu, sapaan akrab Abdulloh Abu Bakar, sewaktu menyampaikan amanat Apel Kesiapan Beberes Kota Kediri di kawasan wisata Gua Selomangleng, Klotok Kota Kediri.

Abu menjelaskan, perlu kerja sama yang melibatkan semua lini dan lapisan masyarakat guna menciptakan ketertiban serta keindahan kota. Situasi inipun digunakan Abdulloh Abu Bakar, untuk melaunchingkan Pendekar Kebersihan, Minggu (23/8). Pendekar Kebersihan yang pertama kali di Kota Kediri bahkan di Indonesia ini bertujuan menyadarkan masyarakat akan pentingnya cinta pada lingkungan.

Pendekar kebersihan ini memiliki slogan Resik Ketitik Reget Ketara. Mas Abu mengatakan launching pendekar kebersihan bertujuan membudayakan masyarakat untuk peduli lingkungan. Oleh karena itu, lanjut mas Abu, dalam menjaga kebersihan Kota Kediri bukan hanya tanggungjawab petugas kebersihan, tapi warga termasuk Wali Kota dan seluruh pegawai pemerintah Kota Kediri untuk menjaga kebersihan. “Kebersihan itu masalah sosial, dan masalah sosial ini harus diselesaikan dengan sosial juga. Maka kami punya slogan Resik Ketitik, Reget Ketara,” ujar Mas Abu.

Abu memerintahkan kepada pasukan pendekar kebersihan agar membersihkan sampah di jalanan, membersihkan barangkal di trotoar, menata rumput yang terlihat tidak terurus, dan menertibkan bangunan liar yang mengganggu keindahan. "Mulai hari ini. Tak hanya aparat kebersihan saja yang bertugas, jadi semua warga Kota Kediri mulai RT, RW, lurah dan camat bersama masyarakat menggiatkan lagi kerja bakti," ujarnya.

Konsep Pendekar Kebersihan yakni sebagai reward bagi warga yang bisa menjaga kebersihan lingkungan. Pemerintah akan memantau dan menilai dalam satu tahun. Pemenang Pendekar Kebersihan inipun akan diumumkan pada HUT Kota Kediri tahun depan. Bukan hanya warga Kota Kediri, namun seluruh mulai dari instansi pemerintah hingga pendidikan harus ikut berpartisipasi. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri akan memantau setiap 6 bulan sekali. (adv/hms/km)


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DCW_News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger